1/10/2017

Hacker dan Cracker

PENGERTIAN HACKER DAN CRACKER
  

Hacker 

Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer. Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya. 

Cracker 

Sedangkan cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya. 

PERBEDAAN HACKER DAN CRACKER
 
Hacker 

1# Mempunyai kemampuan untuk menganalisa kelemahan suatu sistem seperti sebuah situs website di jaringan internet, dia mampu menganalisa sistim yang dijalankan di website tersebut mulai daris sistim databasenya algoritma autentikasi yang digunakan, sehingga jika dia menemukan celah yang rawan untuk dibobol maka akan dengan segera dia memberitahukan kepada pemilik situs tersebut dan memberikan saran atas apa yang ditemukannya, sehingga situs tersebut dapat diperbaiki dan menjadikannya aman dari kelompok penyusup. 

2# Hacker juga dikenal mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. 

3# Para kelompok hacker disinyalir tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan. 

4# Seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi sehingga seiring dengan kemajuan teknologi it yang selalu berkembang merekapun masih tetap mampu mengenali dan memahami sistim yang baru. 

5# Seorang hacker juga dapat dengan cepat memahami kinerja sistim dan dapat dengan cepat belajar pemrograman komputer. 

Cracker 

  • Mampu menganalisa kelemahan suatu sistim pada komputer dan jaringan komputer dan membuat scrpt/kode malware untuk kepentingan bagi dirinya sendiri yang bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan, seperti pembuatan virus komputer, mencuri kartu kredit, membobol akun bank milik orang lain, mencuri password email atau web server dan sebagainya.
  • Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
  • Mempunyai website atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
  • Mempunyai IP address yang tidak bisa dilacak oleh orang lain.
  • Kasus yang paling sering adalah carding atau pencurian kartu kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan, sebagai contoh kasus klikBCA.com yang pernah mengejutkan dunia cyber. 
KEMAMPUAN DAN SERANGAN TINGKAT HACKER 
 

1.Elite Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai 'suhu'. 

2.Semi Elite Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit. 

3.Developed Kiddie Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. 

4.Script Kiddie Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

5.Lammer Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai 'wanna-be' hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

SERANGAN TINGKAT CRACKER 

1. FTP Attack Salah satu serangan yang dilakukan terhadap File Transfer Protocol adalah serangan buffer overflow yang diakibatkan oleh malformed command. 

2. Unix Finger Exploits Pada masa awal internet, Unix OS finger utility digunakan secara efficient untuk men sharing informasi diantara pengguna. 

3. Flooding & Broadcasting Seorang attacker bisa menguarangi kecepatan network dan host-host yang berada di dalamnya secara significant dengan cara terus melakukan request/permintaan terhadap suatu informasi dari sever yang bisa menangani serangan classic Denial Of Service(Dos).

4. Fragmented Packet Attacks Data-data internet yang di transmisikan melalui TCP/IP bisa dibagi lagi ke dalam paket-paket yang hanya mengandung paket pertama yang isinya berupa informasi bagian utama( kepala) dari TCP.

5. E-mail Exploits Peng-exploitasian e-mail terjadi dalam lima bentuk yaitu: mail floods, manipulasi perintah (command manipulation), serangan tingkat transportasi(transport level attack) 6. HTTPD Attacks Kerawanan yang terdapat dalam HTTPD ataupun webserver ada lima macam: buffer overflows, httpd bypasses, cross scripting, web code vulnerabilities, dan URL floods Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak 

REFERENSI : 
http://www.patartambunan.com/apa-perbedaan-hacker-dan-cracker-komputer/
https://www.wattpad.com/126658-pengertian-hacker-dan-cracker
http://dataku.50webs.com/Arsip_Com/15jenisserangancracker.htm

1 comment:

  1. Terima kasih informasinya dengan ini kita bisa tahu banyak tentang HACKER DAN CRACKER. Karna selama ini di masyarakat tahunya hanya hacker.
    Perkenalkan nama saya muhamad fajar/1722500133
    Kunjungi wabsite saya di www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Terimakasih atas kritik/saran