10/17/2018

Company Profile Blibli.com

PROFILE PERUSAHAAN Blibli.com




Deva Prananda Putra
4IA22
.
.
.
Bekasi (Devapranandaputra@gmail.com)
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
(Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Jakasampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17145)
.
.
.

ABSTRAK

Internet saat ini sudah menjadi bagian hidup manusia yang sulit untuk dipisahkan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan melalui internet, salah satunya adalah berbelanja.  Berbelanja online menjadi pilihan yang tepat  bagi mereka yang memiliki kesibukan yang cukup padat, karena belanja online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, cukup dengan memilih barang kemudian melakukan pembayaran maka barang yang sudah di pesan akan di antar kerumah. Kesempatan inilah yang menjadikan banyak pengusaha memanfaatkan toko online sebagai sarana untuk memasarkan produk-produk mereka. Namun belanja online tidak selalu aman, tidak sedikit pula konsumen yang tertipu saat belanja online, hal ini yang menimbulkan kekhawatiran para konsumen. Maka dari itu kita sebagai konsumen harus pintar dalam memilih toko online. toko online yang kita pilih harus menjanjikan kemanan serta kenyamanan berbelanja, seperti metode pembayaran yang aman, metode pengiriman, serta garansi pada barang yang di beli agar saat bertransaksi kita sebagai konsumen tidak dirugikan. Hasil dari penelitian ini yaitu banyak sekali toko online yang ada di Indonesia tetapi kita sebagai konsumen harus teliti dan bijak dalam memilih toko online, karena tidak semua toko online menawarkan kemanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.


ABSTRACT

Internet today has become part of human life that are difficult to separate. Many activities can be done over the internet, one of which is shopping. Shopping online is the right choice for those who have busy dense enough, because online shopping can be done anywhere and at any time,simply by selecting the item and then make a payment, the goods are already order will be sent to home. Opportunity is what makes many entrepreneurs take advantage of the online stores as a means to market their products. But online shopping is not always safe, not a few consumers are cheated when shopping online, this is the cause of concern for consumers. Therefore we as consumers should be smart in choosing the online store. online store which we choose to be a promising safety and convenience of shopping, such as a secure payment method, method of delivery, as well as the warranty on the items in the purchase order transactions when we as consumers are not harmed. The results of this study are a lot of online stores that exist in Indonesia, but we as consumers should be careful and wise in choosing the online store, because not all online shops offering security and comfort in the transaction.

Kata Kunci : internet, toko online, transaksi.



PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk berbelanja, belanja sendiri tidak harus dilakukan ketika berada di dalam toko fisik saja tetapi dengan bermodalkan internet saja konsumen bisa berbelanja dengan mudah, dan juga memiliki berbagai pilihan produk yang sangat beragam. Melalui media online dapat membuat para konsumen yang tidak punya waktu untuk datang ke toko fisik dapat memilih untuk berbelanja melalui toko online yang dimana di Indonesia sendiri sudah banyak toko online yang beredar. Pembelian melalui toko online sendiri sekarang sudah menjadi gaya hidup, karena dengan menggunakan smartphone, maka konsumen sudah bisa berbelanja melalui online di website-website toko online. Jumlah toko online di Indonesia sendiri semakin hari semakin banyak, dimana diketahui bahwa di Indonesia terdapat beberapa situs toko online yang popular contohnya sperti Blibli. Hal ini membuat persaingan toko online menjadi lebih ketat.

Situs web adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, yang sering disertai dengan gambar, video, atau berkas lainya. Web di masa sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk memasarkan sebuah produk atau sering disebut juga dengan online shop. situs online shop biasanya memuat banyak informasi tentang produk yang dipasarkan. Seperti gambar produk, spesifikasi produk, dan harga. Kita bisa bebas memilih produk yang akan di beli sesuai keinginan. Konsumen juga dimudahkan saat melakukan transaksi. Konsumen cukup melakukan pembayaran kemudian mengkonfirmasinya, setelah itu kita cukup menunggu barang yang di beli diantar kerumah. kemudahan dalam mencari barang dan bertransaksi menjadikan belanja online sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak untuk pergi ke mall dan membeli barang yang mereka cari. Namun dalam hal ini perlu diperhatikan tidak semua situs web atau toko online mengedepankan keamanan saat bertransaksi. Tidak sedikit para konsumen yang pernah tertipu saat bertransaksi di sebuah toko online karena ketidaktahuan mereka tentang kredibilitas toko online yang mereka kunjungi. Hal ini membuat merendahnya minat pembeli untuk melakukan belanja secara online. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan memberlakukan sistem pembayaran dengan berbagai metode yang aman,  yaitu dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System. Selain itu toko online juga memberikan garansi apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan, adapula yang memberi jaminan uang kembali apabila terjadi kesalahan dalam proses transaksi.
  
METODE PENELITIAN

Review dan Analisa toko online yang kami bahas yaitu blibli.com berupa :

1. Berdasarkan Analisa Home pada web, toko online ini merupakan situs mengenai penjualan berbagai macam  produk secara online. Ada 11 kategori produk yang bisa dipilih yaitu Handphone & tablet, kamera, komputer & laptop, peralatan elektronik, fashion pria, fashion wanita, kesehatan & kecantikan, ibu & anak, hobi & olahraga, otomotif, dan kuliner.

2. Berdasarkan Analisa desain web, desain web blibli.com cukup simple. Pembeli dapat mencari barang yang diinginkan sesuai kategori yang di sediakan. Selain itu pembeli juga dapat dengan mudah mencari barang yang mereka cari dengan menulisnya di kotak pencarian yang tersedia. Warna biru dan putih mendominasi tampilan web. Komponen yang ada di situs ini juga terbilang cukup lengkap dan tata letaknya rapi. Walaupun terdapat beberapa komponen yang ukuranya cukup kecil yang menyebabkan tidak begitu jelas dilihat oleh pengunjung.
 
Gambar 1. Tampilan Utama

3. Berdasarkan Analisa Koneksi internet, blibli.com adalah sebuah situs web yang dapat dibuka di segala platform baik media komputer maupun smartphone. Pada saat membuka situs ini loadingnya cukup cepat sehingga pengguna tidak menunggu lama sampai situs terbuka seluruhnya. Namun itu kembali lagi kepada kecepatan jaringan yang kita gunakan.

4.Berdasarkan kelengkapan fitur, fitur yang disediakan blibli.com cukup banyak, berikut adalah fitur pada blibli.com yang dapat memudahkan pengunjung :
 

a. Kategori adalah fitur untuk memudahkan pengunjung mencari barang yang diinginkan sesuai kategori barang tersebut, misal : mencari pakaian pria di kategori fashion pria.

Gambar 2. Daftar Kategori

b. Search adalah fitur unuk membatu pengunjung mencari barang yang diinginkan dengan mengetik nama produk yang dicari.
 
Gambar 3. Tampilan Kotak Pencarian

c. Produk Pilihan Terbaik, menampilkan berbagai produk yang terbaik di web tersebut. Selain menampilkan gambar produk pada kolom juga menampilkan spesifikasi singkat serta harga produk.
 
Gambar 4. Tampilan Produk Pilihan Terbaik

5. Layanan Pelanggan, Berbagai layanan disediakan pihak blibli.com untuk membantu dan memudahkan para pelanggannya. Berikut Layanan yang ditawarkan blibli.com.
a. Costumers service, pengguna dapat menghubungi customer service melalui telepon, live chat atau email untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.
 
Gambar 7. Tampilan Layanan Pelanggan

b. Cek status pemesanan, Layanan ini untuk membantu konsumen mengetahui status barang yang telah dipesan.

Gambar 8. Tampilan Cek Status

c. Panduan blibli.com, ini salah satu layanan penting dalam situs ini. Pengguna dapat mengetahui segala informasi dan panduan berbelanja di blibli.com serta mendapatkan jawaban dari pertanyaan umum yang sering dipertanyakan pengunjung pemula.

Gambar 9. Menu Tampilan Panduan

d. Cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit, ini salh satu keistimewaan berbelanja di blibli.com. biasanya ketika kita berbelanja menggunakan kartu kredit kita akan dikenakan bunga cicilan, tetapi tidak ketika kita berbelanja di blibli.com dengan ketentuan cicilan 0% untuk tenor 6 dan 12 bulan dengan syarat minimum pembelanjaan Rp500.000. 

e. Gratis biaya pengiriman ke seluruh indonesia, Blibli.com menyediakan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia dengan ketentuan berikut ini :

  • Berlaku untuk metode pengiriman dengan JNE dan NCS.
  • Layanan gratis pengiriman tidak berlaku untuk produk-produk di kategori Vacuum Cleaner, Dispenser, Oven, Microwave, Kompor, TV LCD, TV LED, TV Plasma, Home Theater Box, Printer, Scanner & Fax, Gitar & Aksesoris, Bass & Aksesoris, dan Sepeda.
  • Layanan gratis pengiriman untuk produk car seat dan kereta dorong bayi hanya berlaku di area JABODETABEK.
  • Khusus metode pengiriman dengan NCS, layanan gratis pengiriman juga tidak berlaku untuk kategori produk: TV UHD, TV CRT, Proyektor, Peralatan Golf, Lampu Depan Mobil, Lampu Belakang Mobil, Aksesoris Lampu Mobil, Bohlam Mobil, dan Mainan Remote Control.
  • Layanan gratis pengiriman untuk produk kategori Snack Bayi, Susu Formula Anti Alergi, Susu Formula, Multivitamin & Suplemen, Sereal, Makanan Bayi, Nutrisi Ibu Hamil & Menyusui, Popok Kain, Popok Sekali Pakai, Tissue Basah, Deterjen Khusus Bayi, dan Kebersihan Bayi hanya berlaku untuk pembelanjaan di atas Rp 200.000.

f. Pengembalian produk, blibli.com menjamin barang yang dipesan sampai dengan selamat kepada pemesan. Apabila terjadi kesalahan atau kerusakan pihak penerima berhak mengajukan klaim kepada pihak bliblicom.

g. Promo, Pihak blibli.com memiliki promo-promo yang dapat diikuti oleh setiap pelanggannya. Misalnya potongan harga untuk beberapa item/produk tertentu.

6. Berdasarkan Analisa Pemasaran, pemasaran blibli.com melalui twitter, facebook, google+, instagram, dan youtube. blibli.com menggunakan media tersebut untuk mempromosikan produk dan promo.

7. Berdasarkan Analisa transaksi

a. Metode pembayaran blibli.com bisa dengan internet banking, kartu debit/ kredit, transfer ke virtual account, maupun uang elektronik, tetapi untuk saat ini blibli.com blum menerima pembayaran dengan cash on delivery (COD). Pembayaran dapat dilakukan dalam kurun waktu 1x24 jam, lebih dari itu maka transaksi akan dibatakan secara otomatis. berikut ini metode dan bank yang bekerja sama dengan blibli.com :

Internet Banking
•    BCA KlikPay
•    KlikBCA
•    e-Pay BRI
•    CIMB Clicks
•    Mandiri Clickpay

Kartu Debit/Kredit
•    ANZ Kartu Kredit
•    BCA Kartu Kredit
•    BNI Debit Online
•    BNI Kartu Kredit
•    BRI Kartu Kredit
•    BTN Debit Online
•    Citibank Kartu Kredit
•    HSBC Kartu Kredit
•    Mandiri Kartu Kredit
•    Mandiri Debit Online
•    UOB Kartu Kredit
•    Standard Chartered Kartu Kredit
•    VISA Kartu Kredit
•    Danamon Kartu Kredit
•    Mega Kartu Kredit
•    Permata Kartu Kredit

    Uang Elektronik
•    XL tunai
•    Sakuku

    Transfer Tunai
•    Mandiri
•    BCA
 

PEMBAHASAN

Profile Perusahaan

Blibli.com didirikan oleh PT Global Digital Niaga (GDN) pada 25 Juli 2011. Kemudian dibantu oleh PT. Global Digital Niaga, Perusahaan ini tidak lain adalah adik dari PT. Global Digital Niaga. Sedangkan pemiliknya adalah Martin Hartono. Martin Hartono adalah seorang putra owner Djarum Grup, Budi Hartono. PT. Global Digital Prima yang biasa dikenal ini merupakan salah satu bagian dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Djarum Grup juga merupakan seorang pemilik saham beberapa bisnis online lainnya seperti, Kaskus bahkan beberapa situs lokal lainnya . Kusumo Martanto. Ia merupakan seorang yang lulusan S-2 teknik industri dan Georgia Institute of Teknology di Amerika Serikat. Untuk saat ini ia menjadi bagian dari CEO di PT. Global Digital Niaga. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampir mencapai Rp 100 miliar.

Sebagai toko online yang didirikan dan dikelola oleh bangsa Indonesia, nama Terinspirasi dari kata “beli” merepresentasikan kegiatan berbelanja yang menjadi rantai utama dalam aktivitas toko online. Blibli.com berkonsep  lifestyle online mall, memberikan pilihan kepada konsumen untuk mencari berbagai perlengkapan dengan mengunjungi delapan (8) kategori produk sesuai kebutuhan, yaitu: Handphones, Electronics, Women, Men, Kids & Baby, Hobbies, Automotives, dan Culinary. 


Dalam usianya yang ke 2 tahun telah meraih berbagai penghargaan yaitu The Best e-Commerce 2012 versi Gadget Awards 2012,   Best Social Media Campaign versi Indonesia Top e-Commerce (ITeC) 2012, dan Wall Street Journal (WSJ) versi Asia Tenggara pada edisi Oktober 2012 merilis tulisan dan memilih Blibli.com sebagai satu dari 10 perusahaan startup teknologi teratas (Indonesia’s Top 10 Tech Start-Ups). Apresiasi positif dari masyarakat dan sejumlah penghargaan semakin menguatkan komitmen “Simple, Fun, and Free Shopping Experience” yang diwujudkan dengan menjadikan konsumen sebagai smart shopper melalui kolom BlibliFriends sebagai kurator dan product reviewer melalui berbagai tulisan informative, serta menjalin kedekatan dengan konsumen melalui media sosial berupa Facebook (FB: Blibli.com), Twitter (@bliblidotcom), Google+ (Blibli.com), Pinterest (Blibli.com) dan YouTube (bliblidotcom).

Untuk proses pembayaran konsumen sangat dimudahkan dengan adanya berbagai metode pembayaran yang ditawarkan blibli.com, pembeli bisa membayar dengan kartu kredit/debit, internet banking, maupun uang elektronik, selain itu juga pembeli bisa transfer tunai ke rekening blibli.com. Pembayaran belanja di blibli.com bisa dikatakan sangat aman dan terjamin, karena bekerjasama dengan mitra perbankan terpercaya dan semua transaksi dijamin kemanannya dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System. 

Metode pengiriman yang ditawarkanpun cukup beragam, yaitu JNE, NCS, dan RPX. Sehingga anda tidak perlu khawatir barang yang anda pesan tidak sampai kepada anda.
Jika anda  pengguna media sosial seperti twitter maupun facebook toko online ini pun  juga menyediakan link twitter, facebook ,google+, instagram, dan youtube. sehingga anda juga dapat mengikutinya melalui media sosial tanpa harus langsung membuka websitenya.
Namun untuk saat ini blibli.com tidak membuka toko offline. Jadi pembelian hanya dapat dilakukan melalui website blibli.com atau melalui aplikasi mobile yang bias di akses melalui smartphone.

Online Shop Indonesia dengan Kualitas Produk Terjamin dan Terbaik
Salah satu keuntungan lain yang dapat anda peroleh jika belanja online di Blibli.com adalah mendapatkan berbagai produk dari berbagai brand dan jaminan produk original. Berbagai produk yang tersedia di Toko Online Blibli.com berasal dari brand, merchant dan store terpercaya sehingga kualitas produk yang disediakan benar-benar terjamin dan tidak diragukan lagi. Hal ini menjadi salah satu cara Blibli.com sebagai pelopor toko online di Indonesia membangun dan menjaga kepercayaan customer.

Untuk kategori Ibu dan Anak, Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan si kecil mulai dari baby walker, baju anak, sepeda anak, stroller, tas dan gendongan bayi, perlengkapan makan anak, perlengkapan mandi dan perawatan kulit bayi, perlengkapan tidur hingga perlengkapan traveling bersama si kecil. Tak lupa Toko Online Blibli.com juga menyediakan produk untuk para Ibu seperti baju hamil model terbaru, baju hamil untuk kerja, pompa ASI, pakaian menyusui, nursing cover dan bantal menyusui hingga bantal ibu hamil.
Untuk kategori lifestyle dan fashion, Anda bisa mendapatkan berbagai produk lengkap dan original dari brand ternama seperti Nike, Adidas, Converse, New Balance, dll. Untuk kategori handphone & tablet serta komputer & laptop, Anda bisa mendapatkan berbagai produk original dari brand ternama seperti Samsung, Asus, LG, Xiaomi, dll.

Tak hanya dari brand-brand ternama internasional, Toko Online Blibli.com juga membuka peluang bagi para entrepreneur dan creativepreneur dalam negeri untuk mengembangkan usaha mereka. Pengalaman belanja online Anda bisa lebih beragam sebab Anda bisa menemukan produk-produk mereka dengan ciri khas Indonesia dalam kategori Galeri Indonesia. Mulai dari produk aksesoris hingga home living karya anak bangsa tersedia di Toko Online Blibli.com. Belanja online dengan Beragam Cara Pembayaran dan Gratis Pengiriman di Toko Online Blibli.com
Berbagai pilihan pembayaran bisa Anda nikmati jika Anda belanja online di Blibli.com. Semua pilihan pembayaran di Toko Online Blibli.com dirancang mudah dan cepat demi menciptakan pengalaman belanja yang tenang dan menyenangkan.

Adapun pilihan pembayarannya meliputi pembayaran melalui bayar di tempat (Cash On Delivery/COD), internet banking, transfer melalui ATM, pembayaran uang elektronik, dan pembayaran melalui store (Indomaret & Pos Indonesia). Selain itu, Anda juga bisa belanja online di Online Shop Blibli.com dengan fasilitas cicilan 0% dengan tenor 6 hingga 12 bulan melalui pembayaran kartu kredit. Dengan beragam cara pembayaran tersebut, tentu Anda semakin mudah dalam belanja online di Blibli.com.

Online Shop Terpercaya dan Paling Aman
Proses pembayaran dalam berbelanja di Toko Online Blibli.com sangat aman dan terpercaya. Untuk mendukung Anda agar nyaman dalam berbelanja di Online Shop Blibli.com, sistem keamanan pembayaran Blibli.com sudah bersertifikasi oleh Verisign, Verified by Visa, MasterCard SecureCode, dan Credit Card Fraud Detection System. Selain itu, jika Anda memiliki kendala dalam belanja online di Blibli.com, Anda bisa menghubungi kami melalui Customer Care melalui telepon, email, dan live chat. Customer Care kami online 24 jam dan siap untuk membantu kegiatan belanja online Anda.

Online Shop dengan Pengembalian Mudah dan Cepat
Produk tidak sesuai dengan harapan Anda? Jangan khawatir, segera hubungi Customer Care kami untuk mengajukan pengembalian produk. Proses pengembalian mudah dan tidak butuh waktu lama. Hanya 14 hari, Anda bisa mendapatkan produk pengganti sesuai dengan yang Anda inginkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk cari kebutuhanmu tanpa rasa khawatir dan dapatkan berbagai macam promo dan diskon menarik di toko online terlengkap dan terpercaya hanya di Blibli.com. Big Choices, Big Deals!
Produk yang ditawarkan
Blibli.com menghadirkan lebih dari 40.000 produk pilihan dari 11 kategori yang tersusun sistematis mulai dari kategori Handphone & Tablet, Kamera, Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, Hobi & Olahraga, Otomotif, dan Kuliner.

Ruang lingkup area bisnis
Ruang lingkup blibli.com adalah seluruh Indonesia dan blibli.com memberikan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.

Omset dari pasar e-commerce
Dari data yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika, pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2013 ini diperkirakan mencapai Rp 130 triliun, tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 69 triliun.

Cicilan 0% Semua Produk
Untuk kenyamanan dalam berbelanja, Blibli.com menghadirkan fasilitas Cicilan 0% untuk semua produk dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.

Customer Care 0804 1 871 871

Blibli.com menghadirkan layanan Customer Care yang siaga membantu Anda dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanan kami.

Jaminan Pengembalian Produk
Untuk kepuasan dalam berbelanja, Blibli.com memfasilitasi layanan pengembalian produk dengan batas waktu klaim 15 hari setelah produk Anda terima.

Sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya
Menghadirkan pilihan metode pembayaran yang bervariasi dan aman dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.

PENUTUP

Kesimpulan
  1. Blibli.com merupakan salah satu toko online yang terlengkap dengan berbagai macam produk serta brand yang ditawarkan.
  2. Tampilan web dari blibli.com cukup baik dengan tata letak serta pemilihan warna yang pas. Sehingga pelanggan tampak sangat friendly dengan tampilan web.
  3. Layanan dan fitur blibli.com tidak kalah lengkap dengan situs toko online lainya, sebut saja kotak pencarian, kategori, hingga produk terbaru. Blibli.com juga menyediakan layanan custumers service yang lengkap.
  4. Metode pembayaran blbli.com telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign yang merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia. 
  5. Metode pengiriman menggunakan JNE, NCS, dan RPX. 
  6. Blibli.com memberikan gratis ongkos pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi untuk setiap produk yang terjual. Apabila produk yang di terima tidak sesuai dengan yang dipesan, barang tersebut dapat di kembalikan dan ditukar. Blibli.com memberikan metode pembayaran yang lengkap, akan tetapi sebaiknya untuk metode pembayaran via transfer tunai blibli.com dapat bekerja sama dengan beberapa bank besar lain, karena untuk saat ini transfer tunai hanya dapat dilakukan ke Mandiri atau BCA. Dan alangkah baiknya blibli.com mencoba untuk membuka toko offline, sehingga pembeli dapat melihat barang secara langsung.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.Blibli.com
repository.wima.ac.id/5809/2/BAB%201.pdf
http://jurnalkwurestu.blogspot.com/2017/04/jurnal-kwu-restu.html
http://niakers.blogspot.com/2015/07/situs-e-commerce-bliblicom.html
http://journal.amikom.ac.id/index.php/TI/article/download/5075/2765

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kritik/saran