11/16/2018

Simulasi Pembuatan Perusahaan (PT)

  • PT. Raxor Corp

    - Deva Prananda Putra
    - Idris Kusuma
    - M. Haikal Anatama
    Jurusan Teknik Informatika
    Fakultas Teknologi Industri
    Universitas Gunadarma
    Jl. KH. NoerAli, Jakasampurna, Bekasi Barat

    Regulasi Dan Prosedur Pendirian Perusahaan

    Bentuk Usaha : PT. Raxor Corp

     Latar Belakang


    Gadget dan smartphone, tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari manusia masa kini. Tidak hanya masyarakat urban yang tinggal di perkotaan, masyarakat rural yang hidup di pedesaan bahkan daerah-daerah terpencil bumi bergantung pada gadget sebagai penghubung mereka dengan dunia. Khusus masyarakat perkotaan, smartphone menjadi gadget pilihan yang sangat diminati, karena dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari mulai dari pekerjaan, hiburan, kebutuhan informasi dan pendidikan hanya dengan 1 alat/device tanpa kehilangan fungsi dasarnya yaitu sebagai alat bantu komunikasi. Karenanya, industri gadget dan smartphone tidak akan pernah kehilangan tempat dalam masyarakat.

    Smartphone, meski dengan segala kelebihan yang dimilikinya dibandingkan perangkat komunikasi biasa, tetap membutuhkan dukungan dari berbagai perangkat lain agar dapat menjadi teman beraktivitas sehari-hari masyarakat yang memenuhi semua kebutuhan. Aksesoris gadget dan smartphone adalah solusi yang ditawarkan banyak produsen. Selalu tersedianya permintaan akan gadget dan smartphone, menjadikan industri aksesorisnya tumbuh. Industri aksesoris gadget dan smartphone yang awalnya diciptakan oleh produsen gadget dan smartphone, kini meluas sehingga banyak produsen yang mengkhususkan produk aksesoris gadget sebagai usahanya.

    Raxor adalah sebuah perusahaan baru yang didirikan pada tahun 2017. Raxor menganggap dirinya sebagai salah satu perusahaan smartphone terbaik di dunia yang hampir sejajar dengan Apple. Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi dengan produk unggulannya berupa smartphone Raxor X1, smartphone Raxor X1 disebut-sebut sebagai Apple-nya Indonesia karena diketahui strategi pemasaran Raxor ini mirip dengan strategi pemasaran Apple, maka tak heran jika produk Raxor mulai berkembang pesat sejak peluncuran produk pertamanya pada tahun 2017. Saat ini smartphone Raxor X1 menggunakan sistem operasi android.

    Visi
    ‘Create a inovation for the future’ Menciptakan Inovasi Untuk Masa Depan

    Misi
    1. Senantiasa berinovasi dalam menciptakan handphone yang canggih dan indah sesuai kebutuhan masyarakat.
    2. Kami akan memberikan nilai yang terbaik untuk setiap produk dengan harga yang bersahabat.
    3. Dan Kami akan menciptakan inovasi terbaru dengan keunikan tersendiri pada setiap seri produk nya.
    4.  Kami juga ingin agar semua masyarakat dari negara manapun dapat mengenal  berbagai inovasi yang ada di perusahaan kami.

Prosedur dan Legalitas

kantor yang terkait : Notaris, Kantor Pajak, Disperindag

Dokumen yang dibutuhkan : SIUP, NPWP, Surat Izin Mendirikan Bangunan, Akte Notaris, Surat Setoran Pajak, Akte Pendirian Perusahaan, Surat Izin Gangguan.

Surat Setoran Pajak
Akte Notaris
Surat Izin Gangguan
SIUP
NPWP
Akte Pendirian Perusahaan
Surat Izin Mendirikan Bangunan
  • SDM dan Organisasi

Struktur Organisasi

 Deskripsi dan Spesifikasi Tugas

 CEO

Seorang CEO memiiki tingkat tanggung jawab yang tinggi dibandingkan pekerjaan lainnya. Seorang CEO bisa bertanggung jawab atas tugas-tugas operasionalisasi sehari-hari hingga tindakan yang diperlukan dalam langkah bisnis.
Dalam sebuah usaha rintisan teristimewa, peranan CEO sangatlah krusial. Ia adalah seorang pimpinan yang bertanggung jawab atas kegagalan atau kesuksesan sebuah perusahaan. Operasi, pemasaran, strategi, pendanaan, penciptaan budaya perusahaan, sumber daya manusia, perekrutan tenaga kerja, pemutusan hubungan kerja, penjualan, hubungan masyarakat, dan sebagainya. Semua urusan tersebut umumnya ditangani oleh seorang CEO.
Tugas CEO adalah :

- Merencanakan, mengelola, dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran.
- Merencanakan dan mengelola proses penganggaran, lalu mengamati dan menganalisis apabila ada kejanggalan dalam prakteknya.
- Mengelola perusahaan sesuai dengan tujuan strategis perusahaan dengan keefektivan dan biaya seefisien mungkin.
- Merencanakan dan mengelola kinerja pada sumber daya manusia agar sumber daya manusia yang berkompeten teridentifikasi dan dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan.

CFO

Posisi tertinggi di bagian keuangan adalah Chief Financial Officer (CFO). Perusahaan tertentu mungkin menyebutnya “Vice President of Financial” atau Direktur Keuangan. Seorang CFO bertanggung jawab langsung terhadap Chief Executif Officer (CEO) atau ke President Director yang bertanggungjawab terhadap dewan direksi (board of directors) dan Chairman (Komisaris).
Secara teknis seorang CFO memiliki status yang sejajar dengan vice president lainnya (marketing, produksi/manufacturing, engineering dan HRD. Itu jika dilihat dalam struktur organisasi perusahaan tradisional jaman dahulu. Dalam kenyataannya, CFO adalah orang terpenting (dan paling berkuasa) kedua dalam suatu perusahaan, setelah CEO.

HRD

Tugas seorang HRD berhubungan dengan sumber daya manusia, maka seorang HRD harus memahami tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini tugas dan tanggung jawab HRD :
1. Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
2. Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
3. Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
4. Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.

CMO

CMO (Credit Marketing Officer) adalah sebuah jabatan yang umumnya ada di sebuah perusahaan pembiayaan (finance). Adapun tugas-tugas dan tanggung jawab CMO (Credit Marketing Officer) antara lain adalah :
• Menerima aplikasi permohonan kredit dari calon Debitor melalui Dealer yang telah menjalin kerjasama dengan Cabang.
• Memberikan dan membantu calon Debitor mengisi Form Aplikasi Permohonan Pembiayaan (FAPP).
• Menawarkan kepada calon Debitor price list/paket pembiayaan perusahaan yang telah disetujui oleh Kantor Pusat atau membantu calon Debitor menghitung besarnya angsuran yang diinginkan.
• Mengarahkan calon Debitor pada struktur kredit yang terbaik bagi perusahaan dan calon Debitor.
• Melakukan pengecekan fisik kendaraan dengan STNK & BPKB asli, jika ada permohonan kredit untuk unit bekas.
• Menyiapkan kelengkapan dokumen-dokumen dan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan survey.
• Melakukan survey ke rumah calon Debitor, dan melakukan survey ke tempat usaha calon Debitor (jika ada usaha).

Product Manager
 
Seorang product manager harus mampu menerjemahkan the right product, menjadi translator visi perusahaan ke dalam product yang dibuat. Seorang product manager juga harus mampu membuat relevant product yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh user. Deliver juga menjadi kata yang penting karena product manager harus piawai dalam berkoordinasi dengan para stakeholders dan memberikan fitur yang bermanfaat untuk user dengan segala keterbatasan yang ada baik dari sisi resources maupun waktu.

Tugas pekerjaan manajer produksi meliputi:
• Melakukan perencanaan dan pengorganisasian jadwal produksi.
• Menilai proyek dan sumber daya persyaratan.
• Memperkirakan, negosiasi dan menyetujui anggaran dan rentang waktu dengan klien dan manajer.
• Menentukan standar kontrol kualitas.
• Mengawasi proses produksi.
• Me re-negosiasi rentang waktu atau jadwal yang diperlukan.

IT Dept

Seorang IT Manager memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan keseluruhan proses terkait departemen IT, serta melakukan pengembangan terkait sistem dalam perusahaan. Tugasnya adalah:
• Merencanakan strategi implementasi atas kebijakan perusahaan.
• Memastikan semua sistem IT dapat berjalan dengan lancar.
• Memonitor pelaksanaan strategi dan kebijakan agar sesuai dengan kebijakan       perusahaan.
• Menyediakan layanan dan pengembangan dalam lingkup IT dan komunikasi.

• Melakukan fungsi managerial dan pengawasan serta controlling dalam                pembangunan sistem & aplikasi.
• Melakukan analisa, planning dan desain terhadap aplikasi dan sistem IT.
• Bertanggung jawab atas pengembangan dan peningkatan sistem IT.
• Melaksanakan strategi dan kebijakan perusahaan.
• Melakukan analisis terhadap spesifikasi dan efektifitas aplikasi baru.

Sistem Penggajian

Selain gaji pokok juga terdapat :
- Uang makan & biaya Transport
- Asuransi Kesehatan (BPJS) dan Asuransi Kecelakaan Kerja
- Tunjangan jabatan
- Uang Lembur
- Bonus Gaji

  • Aspek Pemasaran

 Spesifikasi Produk/Jasa

Perusahaan kami Menjual Smartphone, Smartphone sendiri merupakan  Handphone berbasis Teknologi komputerisasi yang digunakan untuk berkomunikasi . Dengan alat ini, sesorang dapat saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya selain itu karena kecanggihan tekonologi ini dapat mempermudah pekerjaan seorang pengguna, misalkan mengirim email, Live video call, bahkan hingga dapat mengedit suatu dokumen.


 Hardware :
Processor : Snapdragon 830, Speed 2.5 Ghz, Octa Core
Memori  : 4 GB RAM,  Internal : 64 GB ROM,  External Card Available Up to 256 GB
Camera  : Rare 20+18 MP + Sony Sensor IMX830 + LED Flash, Front : 12 Mp + LED Flash
Battery  : 4000 MaH, Fast Charging 30 minutes to Full, USB type-C
Layar    : 18:9 Resolution, 720 x 1520 pixel
Sensor  : Heart Rate, Proximity, Compass, Light, Kemiringan, Fingerprint on Screen

Features :
Wifi, Wifi Hotspot, Bluetooth 5.0, NFC, GPS & A-GPS, Dual Rare+Front Speaker Dolby,  Audio Jack 3.5
Network  : Dual SIM (Dedycated) GSM+GSM , 4G LTE , 3G , 2G
Software :  Android 9 Pie


Segmentasi Produk

Raxor merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam berbagai bidang usaha dengan banyak divisi, Salah satunya adalah devisi gadget yang memperoduksi beberapa Smartphone dalam bidang teknologi komunikasi. Menyadari gaya hidup manusia yang terus berkembang dan selalu ingin praktis maka Raxor menentukan segmentasinya pada segmentasi yang merespon gaya hidup manusia tersebut  dengan menghadirkan smartphone yang canggih dengan banyak fiture-fiture yang memanjakan penggunanya, diantaranya adalah Raxor X1. 

Kesuksesan Raxor dalam bidang tenologi berhasil  menggunguli pesaingnya yang telah lebih dulu meluncurkan produknya yaitu smartphone Apple dan Blackberry. Kali ini, Raxor selangkah lebih maju dari pesaingnya dalam segmen gadget yang dapat dikenakan (wearable device). Raxor juga sedang dalam tahap menciptakan sebuah jam tangan cerdas yaitu Raxor Watch C1. Ini akan menjadi jam tangan pintar pertama yang ditenagai oleh sistem operasi Android (Google). Raxor Watch C1 memungkinkan pengguna mengecek email, mendengarkan musik, dan mengambil gambar dengan kualitas terbaik dibanding smartwatch lainnya, dan untuk koneksi internet nya, jam tangan pintar ini sudah di sematkan untuk support jaringan 4G LTE.

 Analisis Situasi Pasar

  TARGETING
Seiring dengan pertumbuhan dan perubahan gaya hidup manusia yang cenderung dengan gaya hidup praktis dengan aksesbilitas yang cepat dan mobilitas yang tinggi. Maka Dengan demikian Raxor menetapkan targetingnya pada perangkat yang mendukung lifestyle seperti smartphone dan smartwatch yang ditenagai oleh sistem operasi Android. Untuk terus mempertahankan dominasinya pada pasar technologi komunikasi canggih, dengan terus meningkatkan kualitas, fiture-fiture yang dapat memanjakan penggunanya. Raxor terus menggelontorkan dana untuk mendukung penelitian dan pengembangan teknologi.

  POSITIONING

Keunggulan dan kecanggihan produk yang dimiliki menjadi kekuatan dan  menjadi branch image yang menjadi daya jual kepada masyarakat, produk smartphone, Raxor X1 yang ditenagai oleh sistem operasi Android menjadi alat komunikasi yang dapat memenuhi espektasi masyarakat lifestyle dengan gaya hidup praktis dengan aksesbilitas yang cepat dan mobilitas yang tinggi.

Analisis Pesaing

Pesaing dari perusahaan kami ada pada produk Razor Phone dan Apple. Dari segi kemampuan dan spesifikasi produk kedua perusahaan tersebut bisa kami katakan dapat menjadi batu sandungan untuk pemasaran produk kami di pasaran luar negeri. Hal tersebut di dasarkan atas kemampuan marketing dan pengiklanan kedua perusahaan tersebut yang sudah sangat berpengalaman dan profesional untuk menawarkan produk mereka khususnya untuk di luar negeri. Untuk dapat terus membuat persaingan kami selalu melakukan inovasi di desain produk, spesifikasi, dan dengan harga yang terjangkau agar dapat dimiliki oleh banyak golongan masyarakat di dunia.


Strategi Promosi


Dalam strategi promosi kami memakai strategi Marketing Mix 4p, yaitu Product, Price, Promotion, Place.

1. Product
Perusahaan Raxor berfokus memproduksi smartphone dengan model awal Raxor X1, lalu untuk menambah daya saing sedang di lakukan pembuatan sebuah smartwatch yang akan di beri nama Raxor C1. Service atau pelayan yang kami berikan untuk product yang telah kami buat adalah dengan memberikan garansi tukar perangkat baru jika dalam waktu 3 hari pemakaian product rusak, dan memberikan garansi 1 tahun untuk mesin yang tidak diakibatkan oleh human error, dan akan diberikan pelayanan 24 jam untuk menanyakan kendalanya kepada customer service secara online melalui website atau aplikasi yang tersedia.

2. Price
Raxor mematokkan harga yang terbilang cukup terjangkau untuk kalangan masyarakat indonesia, ataupun international. Harga yang kami berikan untuk 1 unit produk adalah Rp.5.800.000, harga pada produk Raxor bisa terbilang setara dengan perangkat seharga Rp.7.000.000 milik produk apple.

3. Promotion
Untuk produk Raxor X1 saat pertama kali perusahaan kami meluncurkannya ke pasaran dalam dan luar negeri kami memberikan biaya cashback sebanyak 15% dan memberikan juga hadiah tambahan seperti speaker untuk customer pembeli di awal bulan peluncuran smartphone Raxor X1.

4. Place
Untuk penempatan seperti Service Centre resmi dari Raxor terdapat di banyak titik di wilayah indonesia maupun di luar negeri, dan untuk toko resmi dari Raxor terdapat juga di banyak tempat di indonesia maupun di luar negeri. Saat ini pemasaran produk Raxor lebih mengutamakannya ke tempat seperti Mall dari pada menempatkannya pada lokasi pasar-pasar di pinggir jalan. Tujuan tersebut untuk menjaga ke originalitasan produk yang di hasilkan oleh Raxor agar customer lebih mudah mencari barang yang resmi dan originalitas.

Media Promosi Berbasis TI

Untuk media promosi sebagai bentuk penyaluran informasi produk yang perusahaan Raxor berikan, kami memanfaatkan teknologi dari bidang IT seperti : Website, Televisi, Media Sosial Facebook, Instagram, Youtube. Media-media teknologi informasi yang sudah disebutkan merupakan cara paling besar peluangnya untuk menarik para customer baru.
  • Aspek Keuangan


Komponen Biaya atau Anggaran

Pengeluaran
Pendapatan
Estimasi Biaya/satuan


Penyusunan anggaran/investasi
- Hasil penjualan produk perusahaan -+ Rp.900.000.000 jt/bulan
- Pengeluaran biaya produksi : -+  Rp.200.000.000 jt/bulan
- Pengeluaran untuk karyawan :  Rp.467.000.000 jt/bulan
- Gedung : Rp.100.000.000
- Pajak : 5%
- Suku simpanan : 5% untuk karyawan

Penyusunan cashflow perusahaan (inflow dan outflow)


Time Value Of Money dan tingkat suku bunga

Time Value Of Money (Future Value)
PT. Raxor Corp memperoleh pinjaman modal dari bank sebesar Rp. 200,000,000 untuk membeli peralatan produksi dengan jangka waktu 4 tahun bunga yang dikenakan sebesar 12% pertahun.    Jumlah yang harus dibayarkan perusahaan kepada bank pada akhir tahun ke 4 adalah sebesar Rp. 896.000.000.
 FV=Po(1+i)n
 FV=Rp. 200,000,000(1+0.12)4
 FV=Rp. 896.000.000
TINGKAT SUKU BUNGA (EFEKTIF) disebut juga tingkat suku bunga ekuivalen tahunan (Equivalent Annual Rate (EAR)).

PT. Raxor Corp meminjam uang di bank sebesar Rp 300.000.000,- dengan bunga kredit efektif 10% per tahun, Bank memberikan kredit dengan jangka waktu 30 bulan, dan angsuran yang harus dibayar PT. Raxor Corp adalah sebagai berikut :

    Dik  :   P = Rp 300.000.000,-
                i = 10%
                t = 30 bulan


Kriteria Investasi (IRR, Payback Period)
  
Payback period dengan arus kas setiap tahun jumlahnya sama. 

PT. Raxor Corp melakukan investasi sebesar Rp.550.000.000, jumlah proceed per tahun adalah Rp.220.000.000, maka payback periodnya adalah :

    Payback Period  = (investasi awal) /(arus kas) x 1 tahun
    Payback Period  = (Rp.550.000.000) /(Rp.220.000.000) x 1 tahun
    Payback Period = 2,5 tahun

Payback Period dari investasi diatas yaitu dua setengah tahun. Itu berarti uang yang tertanam dalam aktiva sebesar Rp.550.000.000 bisa kembali dalam jangka waktu dua setengah tahun. Jika investor diberikan dua pilihan investasi, maka memilih payback period yang paling kecil.

Internal Rate of Return (Contoh dari proyek orang lain) 

Sebuah proyek dengan investasi sebesar Rp. 20.000.000,- dan akan memberikan pemasukan setiap tahunnya sebesar Rp.4.900.000,- berlangsung selama 5 tahun. Maka IRR dari proyek tersebut adalah sebagai berikut.

    PV penerimaan/PV biaya =1
    4900000(P/A; i%, 5)/20000000 =1
    (P/A; i%; 5) = 20000000/4900000
    (P/A; i%; 5) = 4,0816
    IRR = 7% + ((4,1002-4,0816)/(4,1002-4,0459)) x (7,5% – 7%)
    = 7% + (0,0816/0,0543) x (0,5%)
    = 7% + 0,3425 x (0,5%)
    = 7% + 0,17%
    IRR = 7,17%

    Jika IRR lebih besar dari biaya modal, terima proyek tersebut.
    Jika IRR kurang dari biaya modal, tolak proyek tersebut.


Referensi :

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-repeater-dan-fungsinya/
https://lindanoer.wordpress.com/2014/01/08/strategi-promosi-penjualan/
http://m.id.hzcenrf.com/news/analysis-of-the-repeater-to-understand-its-per-9055043.html
http://deasykhairunnisa.blogspot.com/2016/11/strategi-promosi-dan-media-promosi.html
https://dantainforment.blogspot.com/2018/08/sembilan-surat-ijin-usaha-situ-siup-npwp-nrp-amdal-imb-aktapendirian-usaha-ho-beserta-penjelasannya.html
http://caraharian.com/rumus-payback-period.html

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kritik/saran