Pada saat sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi online yang bermunculan dan bisa diakses dengan mudah melalui gadget kita, mulai dari aplikasi online yang berbasis transportasi maupun untuk sekedar berbelanja barang yang sedang kita inginkan. Transaksi juga lebih mudah dengan internet banking kemudian kalian tinggal menunggu barang yang kalian beli diantar menggunakan kurir.
Melihat ada banyak sekali jumlah situs jual beli online saat ini tentu saja pandai memilih situs mana yang akan digunakan sebagai perantara kita dengan para penjual. Bukan hanya soal harga yang ditawarkan, tetapi juga pertimbangan keamanan bertransaksi.
1. TOKOPEDIA
Tokopedia.com merupakan nama situs e-commerce yang sudah sangat besar di indonesia. Tokopedia merupakan salah satu mal online di indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009.
Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis. Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Kelebihan Tokopedia untuk Penjual
- Adanya fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa baca-baca diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi dengan calon pembeli yang lainnya.
- Adanya fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan fitur gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis ini dibatasi, yaitu satu jam sekali.
Kekurangan Tokopedia untuk Penjual
- Data informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
- Fitur berbayar untuk penjual cukup mahal
2. BHINNEKA
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja kiat-kiat Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba mencari jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
Kelebihan dari Bhinneka
- Katalog yang terstruktur dengan baik.
- User dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
- Memiliki script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
- Tawar online
- Photography page (all about camera)
- Mobile version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
- DropDown menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
- Rancang sendiri (build your own PC)
- e-Care (garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
- Payment confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com)
- Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi bhinneka.com)
- Help/FAQ
Kekurangan dari Bhinneka
- Salah satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.
- Bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak dicampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
- URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.
3. TRAVELOKA
Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat. Dalam laman resminya yakni www.traveloka.com. Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui www.traveloka.com . hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll.
Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan. Jadi untuk para traveler, yang suka berpergian khususnya dengan pesawat, alangkah dimudahkannya jika anda menggunakan traveloka sebagai pedoman harga tiket ketika anda akan berpergian.
Kelebihan dari Traveloka
- Memfasilitasi Anda dengan sistem log in demi melindungi informasi penting tiap pengguna
- Membangun sistem secara berkesinambungan untuk mencegah timbulnya potensi penipuan transaksi (fraud)
- Melindungi kerahasiaan kartu kredit Anda dengan teknologi berstandar internasional
- Traveloka secara berkala memberikan informasi dan edukasi seputar bertransaksi online yang aman
Kekurangan dari Traveloka
- Halaman awal terlalu berbelit – belit untuk pencarian
- Pencarian hotel masih sangat minim informasi
- Lebih kepada situs booking domestik
4. LAZADA
Lazada.co.id Adalah merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara. Banyak jenis kategori barang yang di tawarkan,Sering ada acara promo discount yang lumayan untuk menarik banyak pelanggan.
Kelebihan Belanja Online Di Lazada :
- Beraneka Ragam Produk Tersedia
- Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
- Website yang user friendly
- Bebas Ongkos Kirim lebih di 100 kota di Indonesia
- Bisa COD (Cash On Delivery)
- Pengiriman Barang Cepat
Kekurangan Belanja Online Di Lazada :
- Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 10an pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 3 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk mendapatkan konfirmasi.
- Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD, mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.
5. Go-Jek
GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Kami bermitra dengan sekitar 200.000 pengendara ojek yang berpengalaman dan terpercaya di Indonesia, untuk menyediakan berbagai macam layanan, termasuk transportasi dan pesan antar makanan.
Kegiatan GO-JEK bertumpu pada tiga nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial. Para Driver GO-JEK mengatakan bahwa pendapatan mereka meningkat semenjak bergabung sebagai mitra, mereka juga mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, serta mendapat akses ke lebih banyak pelanggan melalui aplikasi kami.
GO-JEK telah resmi beroperasi di 10 kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Medan, Semarang, Palembang, dan Balikpapan dengan rencana pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.
Sebelum heboh di Indonesia, model bisnis seperti Go-Jek telah diterapkan oleh UBER di Benua Amerika dan Eropa. Tidak ada yang membedakan antara Uber dan GO-Jek selain jenis transportasi yang digunakan. Uber seperti yang kita ketahui mengkordinir rental mobil untuk dijadikan Taxi, sedangkan GO-Jek mengkordinir Tukang ojek atau siapapun yang memiliki motor.
Nadiem, CEO Go-Jek berdarah Arab yg merupakan lulusan Harvard, secara cerdas mengadopsi model bisnis Uber dengan mengganti moda transportasinya. Motifnya sangat sederhana, yaitu karena melihat kondisi Ibukota (Jakarta) yang masih berjibaku dengan masalah kemacetan, Nadiem lantas berfikir Ojek adalah moda transportasi yang paling efektif untuk menerobos kemacetan Ibukota.
Ditambah, keluhan masyarakat terkait Ojek pangkalan menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis yang amat potensial. Keluhan mereka diantaranya :
- Tidak aman (rawan tindak kriminal)
- Harga yang tidak transparan. Harus tawar menawar terlebih dahulu, seringkali konsumen yang tidak tahu medan ditipu oleh tukang ojek yang memberikan harga lebih.
- Harus datang ke pangkalan ojek, namun seringkali pangkalan ojek pun tidak ada ojeknya
Kelebihan dari aplikasi Go-Jek (driver/perusahaan)
- Aman, karena setiap driver dan konsumen Go-Jek harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah.
- Transparan, karena ojek Go-Jek menggunakan argometer dan katanya bisa cetak slip bukti juga
- Efektif serta efisien bagi konsumen maupun driver.
Ketenaran Go-Jek pun menyulut rasa iri dan benci Organda dan pemerintah yang mengatakan Go-Jek sudah merusak sistem transportasi. Karena menurut Undang-Undang, ojek adalah moda transportasi ilegal. Berdasarkan Undang-Undang, suatu moda transportasi angkutan publik itu minimal harus beroda tiga. Karena ojek tidak diatur dalam Undang-Undang, sehingga tidak aturan tentang pajak yang wajib dikeluarkan.
- Dari sisi perusahaan, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar pajak.
- Dari sisi driver, mendapatkan bagi hasil 80% dari penghasilan kotor. Karena itulah mengapa driver Go-Jek dapat berpenghasilan besih kurang lebih 6-8 juta per bulan. Hal tersebut membuat banyak orang, baik yang sudah bekerja baik yang pengangguran berbondong-bondong mendaftar untuk dapat menjadi driver Go-Jek. Sehingga kelebihan Go-Jek selanjutnya adalah
- Menciptakan lapangan pekerjaan dengan penghasilan yang menggiurkan untuk mereka yang memiliki motor.
Kekurangan dari Aplikasi Go-Jek
- Karena tidak adanya Undang-Undang yang mengatur praktik per-ojekan, maka tidak ada pajak yang harus dibayarkan. Pajak yang dimaksud berupa pajak mendirikan usaha. Dengan tidak adanya pajak tersebut, biaya masuk industri menjadi cost-less sehingga dapat merangsang para pesaing untuk masuk kedalam bisnis yang sama. Bisa dikatakan barriers of entry nya kecil. Pemain baru yang menyadari hal ini pun sudah mulai berdatangan, sebut saja Blu-Ojek dan yang lainnya.
- Kekurangan kedua adalah masalah privasi. Di portal berita online disebutkan ada konsumen Go-Jek yang diteror oleh Driver karena konsumen tersebut memberikan review atau testimoni yang buruk kepada driver yang bersangkutan. Teror tersebut bisa saja berubah menjadi kenyataan karena driver Go-Jek yang bersangkutan sudah mengetahui nomor handphone serta alamat rumah konsumen yang memesan tadi.
6. BUKALAPAK
Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
Kelebihan Bukalapak
- Data informasi pribadi sangat dijamin kerahasiaannya. Untuk penjual yang ingin selamat dari penipuan atau hal-hal yang merugikan, maka ikutilah aturan bukalapak.
- Fitur berbayar untuk penjual di bukalapak sangat murah dan terjangkau.
Kekurangan Bukalapak
- Tidak ada fitur diskusi, sehingga calon pembeli sedikit kebingungan untuk menggali informasi lebih dalam tentang barang yang akan dibelinya.
- Tidak ada fitur promosi produk gratis.
Referensi :
http://www.Jalantikus.com
http://www.Wikipedia.org
http://www.lazada.co.id/about/
http://www.go-jek.com/
http://www.tokopedia.com/
http://www.bhinneka.com/
http://www.traveloka.co.id/
http://www.bukalapak.com/about
Julisman, Agung. Bikin Aplikasi ANDROID dengan Angular Mobile dan MongoDB. INFORMATIKA: 2015
Hartanto, AAT : " Panduan Aplikasi Smartphone", halaman 100.Gramedia Pustaka Utama, 2010
good
ReplyDeletemy blog