3/27/2019

Contoh Penerapan Komputasi Modern

PENERAPAN KOMPUTASI MODERN

Jenis-jenis Komputasi Modern dan contoh penerapannya

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

1.    Mobile computing


Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat.

Contoh Mobile Computing :

Setelah kita mengetahui mengapa kita membutuhkan mobile computing, kita bisa menyebutkan mobile applications yang sudah ada saat ini. Diantaranya adalah :

•    Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
•    Peralatan Emergensi(akses kedunia luar)
•    Akses web dalam keadaan bergerak
•    Location aware services
•    Information services
•    Disconnected operations (mobile agents)
•    Entertaintment(network game groups


Jenis Mobile Computing :


•    Laptop
•    Wearable computer
•    PDA
•    Smart phone
•    Carputer
•    UMPC


2.    Grid computing

 
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. 

Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
Contoh grid computing:
  • Scientific Simulation: Komputasi grid diimplementasikan di bidang fisika, kimia, dan biologi untuk melakukan simulasi terhadap proses yang kompleks.
  • Medical Images: Penggunaan data grid dan komputasi grid untuk menyimpan medical-image. Contohnya adalah eDiaMoND project
  • Computer-Aided Drug Discovery (CADD): Komputasi grid digunakan untuk membantu penemuan obat. Salah satu contohnya adalah: Molecular Modeling Laboratory (MML) di University of North Carolina (UNC)
  • Big Science: Data grid dan komputasi grid digunakan untuk membantu proyek laboratorium yang disponsorioleh pemerintah Contohnya terdapat di DEISA
  • e-Learning: Komputasi grid membantu membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pertukaran informasi dibidang pendidikan. Contohnya adalah AccessGrid
  • Visualization: Komputasi grid digunakan untuk membantu proses visualisasi perhitungan yang rumit.
  • Microprocessor design: komputasi grid membantu untuk mengurangi microprocessor design cycle dan memudahkan design center untuk membagikan resource lebih efisien. Contohnya ada diMicroprocessor Design Group at IBM Austin
3.    Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Contoh cloud computing:

  • Email
  • Data storage online
  • Kolaborasi, Penkolaborasian data sering kali diperlukan. Karena data yang ingin kita simpan bermacam-macam jenisnya dan fungsinya. ada banayk tools yang dapat digunakan. Contohnya adalah Spicebird, Mikogo, Stixy and Vyew
  • Bekerja pada virtual office, Sering kita memerlukan office untuk memproses data-data. Saat ini kita dapat menggunakan office tidak hanya yang sudah terinstall namun kita juga dapat menggunakan office yang disediakan secara online. Contohnya antara lain Ajax13, ThinkFree and Microsoft’s Office Live.
  • Kekuatan ekstra processing, Bila membutuhkan kekuatan untuk memproses secara cepat tanpa perlu membeli perangkat tambahan maka salah satu solusinya adalah Amazon’s EC2 virtual computing
  • Ini juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan individu masing -masing orang. contoh yang lain adalah AbiCloud, Elastichosts and NASA’s Nebula platform.

Contoh Perusahaan Yang Menggunakan Komputasi Modern

Dalam hal ini saya akan membahas tentang website sebuah aplikasi terkenal yaitu LINE CORPORATION atau biasa disebut dengan LINE yang terdapat dalam bidang Ekonomi dan bahkan sekarang sudah mulai merambah fasilitas untuk bidang Transportasi. Pada tampilan awal https://line.me/id/ terlihat website tersebut menggunakan template single page. Di halam terdapat penjelasan apa itu LINE, dan Layanan apa saja yang tersedia, Informasi apa saja yang disediakan, dan Galeri foto.

 
LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem IOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain.
LINE sudah membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi konten aplikasi Indonesia selesai tahun 2013.

Saat ini di negara maju seperti Jepang LINE sudah mulai merambah ke dunia transportasi yang dinamakan Line Taxi, yang diluncurkan pada bulan Januari 2015 yang bekerja sama dengan perusahaan taksi lokal, Nihon Kotsu, di Jepang. Sama seperti Line Pay, Line Taxi tidak terpisah, melainkan satu paket dengan aplikasi Line dimana pengguna bisa memesan taksi dan membayar otomatis melalui Line Pay dari akun yang tertaut.

Fasilitas LINE saat ini semakin baik dengan adanya LINE PAY, yaitu fasilitas pembayaran yang dimiliki oleh perusahaan LINE agar user bisa dengan mudah membeli fitur-fitur tambahan di aplikasi LINE contohnya seperti emoticon atau stiker unik.


LINE mengerti bahwa pengguna memiliki kebutuhan untuk bisa menyimpan segala sesuatu yang penting dan dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Untuk itulah Line menyediakan Cloud Storage Line. Cloud Storage bisa menjadi pilihan untuk mempermudah menyimpan dan mengirim data. Misalnya saat menerima dokumen dan foto di aplikasi pesan. Tetapi tidak bisa diunduh lagi.
Melalui Cloud Storage pengguna dapat mengakses data mereka tanpa perlu membawa perangkat USB atau laptop. Line juga menjanjikan, dengan fitur Cloud Storage yang disediakan oleh Line, para pengguna tidak perlu khawatir tentang catatan atau momen penting yang ada di aplikasi Line akan hilang.

Pengguna Line juga dapat mengakses dan membagikan momen tersebut kapan pun dan dimana pun saat dibutuhkan. Dijelaskan Line, Line Cloud Storage menyediakan fitur seperti Keep, Albums, dan Notes sebagai solusi bagi para user agar memiliki pengalaman komunikasi terbaik. Fitur Cloud Storage Keep yang diberikan LINE kepada user dibatasi dengan batas maksimal penyimpanan sebesar 1GB.

Menurut saya fasilitas ini menyerupai seperti penyimpanan milik perusahaan Google yaitu Google Drive hanya saja berbeda batas maksimum dan adanya fitur penyimpanan tambahan (Premium) dengan batasan penyimpanan yang lebih besar pada Goole Drive dapat dimiliki oleh user jika bersedia berlangganan dengan membayarkan biaya perbulan atau pertahunnya, sampai saat ini LINE belum menyediakan fitur upgrade penyimpanan seperti Google Drive. 

Fitur Keep dapat digunakan untuk menyimpan pesan yang penting disertai dengan detail pengirim dan waktu saat pesan tersebut dikirimkan. Kemudian jika user ingin mengirim foto dalam jumlah banyak, user bisa menggunakan Albums. Sedangkan fitur Notes berfungsi untuk menyimpan catatan penting agar bisa diingat atau didiskusikan bersama.

Referensi :
https://selular.id/2018/02/cloud-storage-line-cara-praktis-simpan-dokumen-penting/
https://id.wikipedia.org/wiki/LINE https://line.me/en/
3baimbamaboy.blogspot.com/2016/04/penerapan-komputasi-modern.html

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kritik/saran